Penguin Doing Belly Sit Ups

Jumat, 01 April 2011

PENGARUH GLOBALISASI


Pernahkah kalian memperhatikan adanya perubahan dalam pergaulan sehari-hari? Misalnya, begitu mudah kita berkomunikasi dengan jarak yang begitu jauh. Dari peristiwa berikut kita dapat merumuskan pengertian dari ‘GLOBALISASI’.


Definisi globalisasi


Berasal dari kata ‘globe’ yang artinya dunia tiruan, ‘global’ yang berarti universal yang saling menimbulkan keterikatan. Jadi pengertian dari globalisasi adalah sebuah proses keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, inestasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain yang melintasi batas negara. Sejalan dengan Perkembangan sejarah kehidupan manusia, berlangsung secara bertahap dan berkesinambungan. Pada zaman prasejarah manusia purba memanfaatkan kekayaan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti : peralatan, alat berburu, dan makanan. Tanah, tumbuhan, hewan, dan batu merupakan kebutuhan yang paling dibutuhkan pada zaman tersebut dan diperoleh dari alam.


Perbedaan masa kini dan masa lalu sangat signifikan. Semakin berkembangnya intensitas otak untuk berfikir dan berkembangnya nalar pada diri manusia akibat ilmu pengetahuan yang didapatnya. Manusia menciptakan berbagai jenis teknologi yang dapat meringankan aktivitasnya. Seperti alat komunikasi dan alat transportasi. Hal ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi walau berada di jarak yang jauh. Dampak Globalisasi Adanya Perkembangan teknologi yang dihasilkan tersebut, pasti membawa dampak positif dan negatif bagi pemakainya.


Dampak positif : - Mudahnya masyarakat memperoleh informasi, sehingga masyarakat memiliki wawasan yang luas - Dengan adanya teknologi dapat mempermudah aktivitas manusia


Dampak negatif : Masuknya informasi dengan mudah melalui berbagai media cetak dan elektronik tidak dapat dibendung dengan mudah. Contohnya sekarang masyarakat bebas mengakses situs porno. Kebiasaan negara Barat yang tidak sesuai dengan kebiasaan bangsa Timur dapat mempengaruhi kejiwaan generasi bangsa Indonesia.


Dampak yang diperoleh dari globalisasi, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya kita harus lebih memproteksi diri, bertanggung jawab, dan tidak melanggar hukum.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates