Penguin Doing Belly Sit Ups

Kamis, 28 Oktober 2010

KOPERASI SEKOLAH

Saya akan memaparkan hasil pengamatan saya tentang koperasi Sekolah. Saya ingin membahas ini karena saya tertarik ada apa saja yang dijual dikoperasi sekolah, dan ingin mengetahui berapa profit yang didapatkan. Selain itu saya juga ingin mengetahu siapa saja yang berperan dalam kemajuan koperasi sekolah.

Mula-mula saya akan menjelaskan tentang pengertian koperasi. Koperasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya dan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Kemudian pengertian dari koperasi sekolah adalah Koperasi yang didirikan disekolah yang beranggotakan seluruh siswa SD yang terdapat di sekolah tersebut dan merupakan Badan Usaha yang tidak berbadan hukum. Saya mengambil sample Koperasi sekolah SD disektar.

Koperasi Sekolah Dasar itu sendiri didirikan dengan berbagai pertimbangan sebagai berikut:

- 1 . Membantu memenuhi kebutuhan siswa didalam dan diluar sekolah

- 2 . Meningkatkan pengetahuan tentang koperasi

3. . Meringankan orang tua murid untuk mendapatkan kebutuhan sekolah yang lebih terjangkau

Bagi para murid bertujuan untuk pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan jiwa koperasi sejak dini, serta melatih dan mendidik siswa dalam berkoperasi.

Jenis-jenis usahanya seperti :

1. - - Menjual alat tulis, perlengkapan sekolah

2. - Seragam sekolah

- Makanan, dan minuman juga tersedia dikoperasi sekolah disekitar rumah saya.

Pengurus koperasi sekolah didirikan oleh para guru yang berjumlah 25 orang, yang bertujuan untuk mempermudah siswa dan orang tua murid untuk mendapatkan kebeperluan sekolah yang lebih terjangkau harganya dan dapat diangsur pembayarannya.

Pengurus Koperasi bertanggung jawab melaporkan laporan kegiatan dan administrasi pengkoperasian kepada anggota koperasi.

Modal Koperasi sekolah didapat dari :

1. - Simpanan pokok anggota koperasi

2. - Simpanan wajib anggota koperasi

3. - SHU yang disisihkan (akhir tahun)

4. - Sumber dana lainnya diluar kegiatan koperasi

Simpanan pokok anggota koperasi didapatkan dari iuran guru sebesar Rp 350.000,00. Simpanan wajib anggota koperasi didapatkan dari iuran para guru yang setiap bulannya sebesar Rp 100.000,00. Sumber dana lainnya didapat dari persenan buku.

Koperasi sekolah dapat berjalan dengan lancar, bila terdapat kerja sama yang baik antar pengurus koperasi, sehingga tidak terjadi tindak kolusi. Pemilihan pengurus koperasi yang mampu dalam mengembangkan koperasi, merupakan titik awal berdirinya koperasi agar dapat berkembang dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates