Penguin Doing Belly Sit Ups

Minggu, 23 Oktober 2011

BAB II Landasan Teori

BAB II

LANDASAN TEORI

Teori Dasar / Konsep

A. Arti Definisi Dan Pengertian Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Orang yang tidak sedang mencari kerja contohnya seperti ibu rumah tangga, siswa sekolan smp, sma, mahasiswa perguruan tinggi, dan lain sebagainya yang karena sesuatu hal tidak/belum membutuhkan pekerjaan.

Definisi pengangguran menurut para ahli :

  • Ida Bagoes Mantra, pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang sekarang ini tidak bekerja dan sedang aktif mencari pekerjaan. Konsep ini sering diartikan sebagai keadaan pengangguran terbuka.
  • Dumairy, pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan lengkap. Lengkapnya orang yang tidak bekerja dan masih atau sedang mencari pekerjaan.



Kajian Penelitian Sejenis

  • Menurut anneahira (2011) pengangguran di Jakarta disebabkan oleh factor dalam diri manusia sendiri seperti : malas, cacat atau umur, rendahnya pendidikan dan keterampilan yang dimiliki.
  • Menurut Derry Tritya (2009) penyebab pengangguran di Bekasi adalah : kurangnya lapangan pekerjaan, tingkat pendidikan yang kurang, adanya peralihan lahan pertanian menjadi kawasan industry dan real estate, bekasi menjadi kota leanding bagi penduduk luar, banyak perusahaan merekrut pegawai dari luar kota.
  • Menurut Darlaini Nasution SE seorang pengamat tenaga kerja di Serang. mengatakan, ada tiga faktor mendasar yang menjadi penyebab masih tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, termasuk di provinsi Banten yaitu : ketidaksesuaian antara hasil yang dicapai antara pendidikan dengan lapangan kerja, ketidakseimbangan demand (permintaan) dan supply (penawaran) dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan masih rendah

Deskripsi / indicator

  • Sumber Daya Manusia Rendah : rendahnya pendidikan maka kemampuan yang dimiliki terbatas, dan kurangnya ketermapilan.
  • Urbanisasi : Perpindahan perpindahan penduduk dari desa ke kota
  • Kurangnya Lapangan Pekerjaan: Banyaknya usia pencari kerja, tidak sesuai dengan minimnya lapangan pekerjaan

Kesimpulan sementara

Faktor penyebab pengangguran adalah :

  • Sumber Daya Manusia Rendah
  • Urbanisasi
  • Kurangnya Lapangan pekerjaan


Pengembangan Hipotesis

Bahwa penyebab pengangguran di Indonesia dipengaruhi oleh faktor Sumber Daya Manusia yang rendah, urbanisasi, dan Kurangnya lapangan pekerjaan


Sumber

http://www.anneahira.com/faktor-penyebab-pengangguran.htm

http://bestbuydoc.com/id/doc-file/4554/masalah-pengangguran-di-kota-bekasi-disusun-oleh-nama-derry-tritya-s-kelas-2-dd-04-npm-30208329-mata-kuliah-pengantar-ekonomi-pembangunan-universitas.html

http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/3108110.pdf

http://elektrojoss.wordpress.com/2007/06/12/tiga-faktor-mendasar-penyebab-masih-tingginya-pengangguran-di-indonesia/



Tugas Ini di berikan oleh Bapak Prihantoro

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates